Minggu, 17 Mei 2009

Trend Baru Gadget: E-Book Reader

Februari 10, 2009 ·

2 Product E Book Reader yang berhasil di pasaran adalah Kindle dari Amazon dan Sony Reader dari Sony Corp. Meskipun telah cukup lama (2 tahun yang lalu) dipasarkan, Kindle Amazon baru memperoleh momentumnya akhir-akhir ini setelah dipromosikan oleh Oprah Winfrey.

Akibat promosi ini, Kindle yang stoknya terbatas karena kurang laku, malah kewalahan sampai akhirnya diputuskan daripada memesan ulang Kindle, Amazon akan meluncurkan Kindle2 yang berukuran layar lebih lega dan posisi tombol “Next Page” yang mengganggu kenyamanan pembaca pada Kindle 1 (karena berada tepat di pegangan jemari) akan dipindahkan.

kindle

Kindle by Amazon

Plastic Logic, sebuah start up baru dari California juga segera meluncurkan E-Book Reader yang akan memiliki ukuran sebesar majalah. Perusahaan ini dikabarkan telah membuat persetujuan konten dengan koran-koran dan majalah-majalah besar Amerika. Misalnya: USA Today, New York Times, Washington Post, dan majalah Playboy.

Berbeda dengan Kindle dan Sony Reader yang mirip PC Tablet, product plastic logic ini mirip papan atau map karena tipis dan berukuran majalah.

Plastik Logic Sample

Plastik Logic Sample

Apakah ke depan koran akan diganti dengan gadget ini ? Besar kemungkinannya , karena 3 alasan utama:

1. sentimen lingkungan yang akan semakin keras / anti terhadap penebangan hutan untuk industri pulp and paper.

2. alat ini sendiri menawarkan fungsi baru yang sulit ditolak: satu alat untuk banyak konten. Konten didownload dari internet menggantikan alur distribusi majalah/koran yang panjang dan tanpa resiko retur jika tidak laku.

3. cukup membeli sekali, berlangganan seterusnya. Mirip membeli handphone.

4. meskipun saat ini masih mahal (sekitar 2 juta rupiah), ke depan tidak tertutup kemungkinan harga semakin turun, layaknya product teknologi.

Jadi kedepannya (mungkin) istilahnya akan diganti:”Permisi pak, bisa pinjam Reader-nya sebentar…?” atau para loper akan berteriak “Rider…rider…!” (Maybe)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar